Wednesday, May 27, 2015

Inilah Cara Sahur yang Benar dan Sehat

idblogmuslim - Sahur adalah salah satu hal yang penting dalam menjalankan ibadah puasa. Jika kita ingin berpuasa dengan lancar, maka kita harus terlebih dahulu makan sahur pada dini harinya. Sahur merupakan upaya untuk mempersiapkan jasmani kita untuk menghadapi puasa selama setengah hari lebih. Sahur juga merupakan anjuran agama dalam mengawali ibadah puasa karena banyak mengandung berkah di dalamnya. Jika kita ingin beribadah puasa secara sempurna, maka kita harus mengetahui bagaimana cara sahur yang sehat dan tepat.

Cara Sahur yang Benar dan Sehat

Berikut Kiat – Kiat Sahur yang Sehat dan Benar :

1. Solat Tahajud Terlebih Dahulu
Sebelum melaksanakan sahur, ada baiknya kita melakukan sholat tahajud terlebih dahulu. Berpuasa biasanya dilakukan pada sepertiga malam terakhir atau jam 3 pagi sebelum subuh. Pada waktu itu, tubuh kita pastinya masih mengantuk karena kebanyakan dari kita tidak pernah bangun tidur sepagi itu dan kita hampir tidak punya nafsu makan ketika itu. Melakukan kegiatan seperti solat tahajud sebelum sahur akan membantu mempersiapkan tubuh kita dalam makan sahur.

2. Makanan Serat
Serat adalah salah satu sumber nutrisi terpenting yang dibutuhkan oleh tubuh. Makanan yang banyak mengandung serat adalah sayur – sayuran dan buah – buahan. Ada baiknya kita memperbanyak makan serat karena serat dicerna lebih lama oleh perut dan dapat mencegah rasa lapar datang terlalu cepat.

3. Kurangi Karbohidrat
Saat makan sahur, lebih baik jika kita mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat seperti kue – kue manis dan nasi terlalu banyak. Jika kita mengkonsumsi karbohidrat secara berlebih pada saat sahur, kita bisa mengalami insulin shock yang menyebabkan kita cepat lapar dan mengganggu jalannya puasa.

4. Kurangi Garam
Sifat garam adalah menyerap air. Maka dari itu, hindari konsumsi garam berlebih pada saat sahur karena beresiko mempercepat proses dehidrasi. Lebih baik kita makan menu yang sedikit mengandung garam pada saat makan sahur.

5. Minum Air Putih
Setelah makan sahur, sebaiknya kita minum air putih yang banyak untuk mempersiapkan tubuh kita agar tidak mengalami dehidrasi ketika melaksanakan ibadah sahur. Air putih juga berfungsi sebagai memperlancar metabolisme tubuh sehingga tidak gampang lemas ketika berpuasa. Minum minuman seperti teh dan kopi tidak dianjurkan pada saat sahur karena akan mempercepat dehidrasi.

6. Susu dan Madu
Susu dan madu juga adalah salah satu menu sahur terbaik yang bisa kita dapatkan karena selain kandungan nutrisinya, susu dan madu bisa menjaga ketahanan tubuh agar tidak cepat lemas dan jatuh sakit. Susu sendiri adalah sumber protein tambahan untuk tubuh selain kandungan lain seperti bermacam – macam vitamin yang bisa menjaga daya tahan tubuh. Madu sendiri bukan semata- mata sumber karbohidrat karena rasanya yang manis. Madu merupakan obat herbal yang berfungsi untuk menjaga stamia agar kita tidak gampang lelah ketika berpuasa.

No comments:

Post a Comment