Tuesday, May 26, 2015

Tips Puasa Sehat untuk Ibu Hamil di Bulan Ramadhan

ibu-hamil-puasa
idblogmuslim - Bulan ramadhan sudah semakin dekat. Maka dari itu kita sebagai seorang muslim sudah harus bersiap – siap menghadapi bulan dimana kita harus berpuasa wajib selama satu bulan penuh. Berpuasa wajib tidak memandang bulu. Semua umat muslim harus melaksanakannya jika memang tidak ada halangan yang berarti.

Salah satu halangan untuk melakukan puasa adalah kehamilan. Untuk ibu yang sedang mengandung memang diperbolehkan tidak berpuasa jika tidak kuat atau khawatir dengan kesehatan janin yang dikandungnya. Tetapi lebih baik lagi jika ibu hamil bisa turut berpuasa. Adapun kiat – kiat sehat berpuasa untuk ibu hamil di bulan ramadhan yang dapat anda coba.

Kiat – Kiat Berpuasa untuk Ibu Hamil
Tata cara berpuasa untuk ibu hamil tidaklah berbeda dengan orang biasa. Hanya saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh ibu yang sedang hamil.

1. Pastikan kondisi janin anda sehat dan tidak kekurangan nutrisi pada saat akan melaksanakan puasa. Anda bisa memeriksakan nya ke dokter kandungan terdekat. Bila janin anda sehat dan nutrisinya cukup, maka anda boleh berpuasa.

2. Pada saat sahur, pastikan anda memakan makanan yang mengandung protein tinggi seperti telur, daging ayam, dan daging sapi tanpa lemak. Protein adalah salah satu sumber nutrisi utama bagi anda dan janin anda selama menjalankan puasa dan untuk mencegah rasa lapar datang terlalu cepat.

3. Anda juga sebaiknya meminum susu atau madu ketika sahur supaya daya tahan tubuh tetap terjaga. Banyak minum air putih juga untuk mencegah dehidrasi.

4. Selanjutnya, selama melakukan puasa, sebaiknya hindari aktifitas yang berat untuk menjaga stamina anda dan kesehatan janin anda. Pekerjaan berat juga bisa menimbulkan stress yang nanti juga akan mempengaruhi kondisi janin anda.

5. Dan yang terakhir, anda dianjurkan untuk menghentikan berpuasa jika salah satu hal ini terjadi selama berpuasa.

  • Muntah – muntah sebanyak tiga kali. Dikhawatirkan janin anda dan anda mengalami dehidrasi jika tidak dihentikan berpuasa dan segera minum cairan.
  • Pusing dan mata berkunang – kunang. Dikhawatirkan jika anda mengalami hal ini janin anda mengalami dehidrasi dan segera memerlukan cairan

Demikianlah beberapa tips puasa sehat untuk ibu hamil pada bulan ramadhan, semoga allah swt memberikan kita kekuatan dan hidayah agar dapat menjalankan ibadah puasa sebulan penuh. aamiin.

No comments:

Post a Comment